4 Jajanan Enak Khas Semarang Yang Wajib Di Coba - Wiskul

No comments
Ibukota Jawa Tengah ini dikenal punya banyak snack enak lho. Bandeng prestonya juga juara! Semuanya bisa kita beli di pasar tradisional besar di Semarang seperti di Pasar Johar. Atau yang paling gampang, datang saja ke kawasan pusat oleh-oleh di Jalan Pandanaran.

Berikut ini 4 jajanan enak khas Semarang :

1. Lumpia


Hmm…tidak ada yang lebih enak dari yang dijual di Semarang. Terbuat dari rebung yang dibungkus dengan lembaran dadar tepung yang tipis dan renyah. Khasnya, rebungnya itu tidak amis meski gurih banget dengan isi udang, daging ayam atau sapi. Ada yang komplit pakai telur puyuh.
Selain di Pandanaran, ada juga yang enak di Jalan Mataram. Ada yang sudah digoreng, jadi siap makan. Tapi cuma bertahan sehari. Atau pilih yang Lumpia basah. Begitu sampai rumah bisa disimpan di kulkas dulu, dan digoreng sendiri pas mau disajikan.

2. Wingko Babat


Aslinya, rasanya kelapa banget, dan terbuat dari beras ketan. Kenyal dan gurih karena prosesnya dibakar, jadi aromanya pun sedap. Sekarang, pilihan rasanya makin variatif. Ada rasa coklat, nangka, durian, aren, sampai coklat chip. Biasanya dibungkus satuan pakai kertas, dan tiap kantong berisi 20 bungkus.

3. Bandeng Presto


Kalau ingin ikan bandeng lezat tanpa tulang, nah ini pilihan tepat! Bandeng presto Semarang tidak ada duanya, deh! Durinya dijamin lunak, jadi tidak terasa mengganjal. Pilihannya pun makin banyak. Ada yang goreng biasa, dipepes, otak-otak yang gurih manis sampai yang dikemas.

4. Ganjel Rel


Disebut ganjel rel karena bentuknya yang kotak, kaku dan berwarna coklat mirip kotak-kotak di rel kereta api. Snack ini hampir tidak terlihat karena jarang dijual di toko. Kalau mau mencari harus sedikit effort ke pasar. Rasanya manis dan bertabur wijen.

Demikianlah jajanan enak khas Semarang yang bisa bikin Anda ketagihan untuk mencicipinya. Semua jajanan ini tanpa bahan pengawet dan merupakan jajanan tradisional warisan kuliner Semarang.

No comments :

Post a Comment