Puthuk Mongkrong, Sensasi wisata di atas awan

No comments
Punthuk Mongkrong merupakan wisata puncak perbukitan yang belum lama ini dikembangkan masyarakat desa di lereng perbukitan Menoreh kabupaten Magelang. Daya tarik wisata yang ditawarkan dari tempat ini adalah pemandangan Candi Borobudur, Gunung Merapi, dan Gunung Merbabu dari atas bukit. Sementara ini, Punthuk Mongkrong merupakan punthuk tertinggi diantara punthuk lain seperti Punthuk Setumbu, Punthuk Sukmojoyo, dan Punthuk Gupakan.

Dinamakan sebagai Punthuk Mongkrong Magelang adalah karena lokasinya yang memang terlihat gersang. Arti kata punthuk itu sendiri adalah tanah yang ‘mawur’, tidak padat dan tidak pula mudah terurai seperti halnya pasir. Dimana di sekelilingnya gundul, alias tidak ditumbuhi oleh rumput atau pohon. Karena dasar itulah masyarakat sekitar menyebutnya sebagai Punthuk Mongkrong.

Punthuk Mongkrong berada di ketinggian sekitar 624 meter di atas permukaan laut. Tentunya berada di ketinggian seperti ini, Anda bisa menikmati pemandangan sunrise maupun sunset lebih jelas. Tak hanya itu saja, adanya landscape pegunungan Menoreh serta beberapa deretan Gunung menawan lainnya semakin menambah keindahan Punthuk Mongkrong.

Buat kamu yang ngebet banget pingin melihat keindahan Punthuk Mongkrong, kamu cukup membayar retribusi sebesar Rp3.000/orang dan biaya parkir Rp2.000. Harga yang relatif murah, bukan? Hanya dengan mengeluarkan uang Rp5.000 kamu sudah bisa menikmati landscape ala pegunungan menoreh.

Apabila pengunjung berada dari Candi Borobudur, ambil jalan yang berada di samping Hotel Manohara Resort  Borobudur. Ikuti jalan tersebut menuju arah Majaksingi atau Hotel Amanjiwo Resort. Ketika sampai di perempatan, ambil jalan ke kanan menuju perempatan Gunden. Di perempatan Gunden, ambil jalan ke arah kiri menuju Balai Desa Giritengah.

Di Balai Desa Giritengah terdapat papan petunjuk menuju Punthok Mongkrong. Perjalanan menuju Punthok Mungkrong hanya dapat dilalui menggunakan kendaraan roda 2.

No comments :

Post a Comment