Asiknya Menelusuri Gua Semedi - Sukabumi

No comments
Sukabumi adalah salah satu Kabupaten di Jawa Barat, ternyata memiliki banyak obyek wisata yang menarik dan potensial. Eloknya, obyek wisata yang ada di sini lokasinya boleh dikata terletak di satu jalur yang saling menghubungkan satu sama lainnya. Hingga secara ekonomis para wisatawan yang datang berkunjung di sini sekaligus bisa menikmati berbagai obyek wisata. Yang lebih menarik lagi, obyek wisata yang akan disuguhkan semuanya masih serba alami. Justru hal semacam ini yang paling banyak diincar oleh wisatawan mancanegara atau wisatawan domestik.

Beberapa obyek wisata di daerah Sukabumi yang sudah tenar namanya misalnya Gua Semedi, Gua Lalay, Gua Buniayu, Pasar Ikan dan sumber air panas. Umumnya obyek wisata yang bertaburan itu terletak di jalur pantai selatan. Pertama kali datang di daerah Sukabumi para wisatawan dapat menyaksikan Gua Meditasi atau Gua Semedi yang letaknya bersebelahan dengan Gua Lalay (Kelelawar). Kedua gua ini sama-sama terletak di sebuah bukit raksasa yang oleh masyarakat setempat dianggapnya sebagai kamar dan tempat tinggalnya Ratu Laut Selatan. Pada umumnya yang datang di gua ini adalah orang-orang yang telah tua. Kedatangan mereka di sini tidak hanya untuk melihat keadaan dalam gua itu saja, tetapi ada maksud lainnya, misalnya minta berkah dan kepercayaan gaib lainnya. Namun dalam kenyataannya, anak remaja juga banyak yang datang di gua ini. Kebanyakan yang datang inilah mereka yang mencintai wisata gua.

Selanjutnya agar orang dapat masuk gua dengan selamat, mereka harus minta ijin lebih dulu kepada juru kuncinya yang biasa dipanggil Pak Aki. Dengan pertolongan Pak Aki pengunjung dapat leluasa melihat dalamnya gua. Di dalam Gua Semedi tempatnya bersih. Di sana terdapat tikar plastik yang sering dipakai untuk duduk para tamunya. Dengan penerangan lilin para pengunjung diantar masuk gua. Di dalam gua yang panjangnya sekitar 25 meter terdapat sesaji berupa kemenyan, hio, dan bunga. Semuanya ini merupakan piranti yang sering digunakan untuk meminta berkah kepada Nyi Roro Kidul.

Demi keselamatan, kepada para pengunjung yang ingin masuk ke dalam gua dianjurkan seperlunya saja. Yang harus diingat, waktu masuk gua syaratnya kalau berjalan kepalanya harus selalu merunduk. Sebab dalam gua itu adakalanya terdapat banyak stalaktit dan stalakmit yang ujungnya runcing. Apabila ujung benda yang tajam itu sampai menggores, kepalanya bisa berlubang. Juga diusahakan agar lampu yang dibawa ke dalam gua itu jangan sampai mati sebab kalau sampai lampunya mati, orang yang masuk ke dalam gua akan mendapat kesukaran. Bisa-bisa karena tidak tertolong akhirnya ia mati konyol.

Nah, bagi Anda yang penasaran ingin mengunjungi Gua Semedi yang berada di kawasan Sukabumi, letaknya sekitar 120 km di sebelah selatan Jakarta (4-5 jam perjalanan) atau sekitar 96 km arah barat dari Bandung. Yuk kita buruan ke sana!

No comments :

Post a Comment