Pesona Sungai Bengawan Solo - Solo

No comments
Bengawan Solo. Pernah mendengar lagu ini kah ? lagu yang diciptakan oleh Gesang ini sudah menjadi legenda di mana-mana. Namun yang akan kita bahas kali ini adalah bukan mengenai lagunya Gesang, bengawan solo melainkan mengenai reality nya, Sungai Bengawan Solo. Jika ingin menikmatinya kita dapat datang secara langsung ke kota Solo. Termasuk di wilayah Jawa Tengah.

bengawaBengawan Solo merupakan sungai terpanjang di Pulau Jawa, Indonesia dengan dua hulu sungai yaitu dari daerah Pegunungan kidul, Wonogiri dan Ponorogo
yang selanjutnya bermuara ke daerah Gresik. Nah bengawan sendiri dalam bahasa jawa artinya adalah sungai yang besar. Sungai Bengawan Solo mempunyai panjang 548,53 km dan mengaliri dua provinsi yaitu Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kabupaten yang dilalui meliputi tiga bagian yaitu, wilayah Administratif Hulu ( Wonogiri, karanganyar, ponorogo, boyolali, sragen, dan klaten), Wilayah Administratif tengah (Sukoharjo, solo, ngawi, madiun, magetan, blora, cepu), wilayah administratif hilir ( bojonegoro, tuban, lamongan, dan gresik).

bengawan soloSungai bengawan solo banyak dikagumi oleh masyarakat di seluruh dunia khusunya Jepang karena terinspirasi dari lagu keroncong karangan Gesang yang berjudul Bengawan Solo itu, Selain itu tempat ini juga pernah menjadi tempat utama kecelakaan pesawat garuda Indonesia Penerbangan 421. Bersejarah dan penuh dengan pesona serta keindahan yang hebat, bengawan solo juga melegenda. Jadi sangat beruntung bagi kita yang dapat menikmati keindahan Sungai Bengawan Solo dari dekat dengan datang langsung ke Solo.

No comments :

Post a Comment