Penjelajahan Bawah Laut Terbaik Dunia di Raja Ampat - Papua

No comments
Pemuja wisata bawah laut dari  segenap pelosok dunia datang ke Raja Ampat untuk  merasakan  panorama bawah laut  terbaik di dunia yang mengesankan. Siapkan diri anda untuk sebuah petualangan yang takkan mudah dilupakan. Diawali tur Anda dari sini  dengan diving di bawah lautnya yang sangat bagus. Telusurilah dinding bawah laut yang tegak lurus itu. Rasakan  pula ketegangan divingnya, berdegup kencang  saat terombang-ambing arus laut. yang pasti itu akan  jadi pengalaman pada diri sendiri yang  tak mudah dilupakan di Raja Ampat.

Kawasan pulau-pulau di Raja Ampat amatlah luas,  melingkupi 4,6  jt hektar tanah dan laut. Di tempat inilah habitat bagi 540  ragam karang, 1.511 spesies ikan,  juga 700  ragam moluska. ke aneka ragaman biota ini  telah membuat Raja Ampat  menjadi perpustakaan hidup dari koleksi terumbu karang dan biota laut paling hetrogen di dunia. Bahkan, berdasarkan  laporan The Nature Conservancy dan Conservation International, ada  kisaran 75% hewan laut dunia tinggal di pulau yang mengesankan ini.

Panorama Raja Ampat  bagikan dalam mimpi namun ini bukanlah mimpi. Saat Anda menerjunkan diri menyelam ke bawah laut  lantas  perhatikan  dengan seksama hewan laut yang  menyapa. Mungkin saja kuda laut menghampiri jemari Anda seperti  berkeinginan menyambut dan berjabat tangan. Manta ray dan wob begong  akan berenang  dengan Anda. Ikan tuna, giant trevaliies, snapper, dan  bahkan barracuda ikut menyambut Anda di dasar laut. Itu belum lah cukup, bagaimana  kalau ada  teman baru yang  ramah  yakni ikan dugong  berkeinginan berenang  dengan Anda. Jangan abaikan  juga  untuk melihat sibuknya ikan-ikan kecil menjaga teritorinya hilir-mudik. Jika Anda beruntung  mungkin saja  dapat berenang  dengan penyu laut.

Keindahan yang  natural, seakan benar-benar  tak  tersentuh  berubah  jadi  daya tarik utama di sini. Tidak  memerlukan ungkapan  akan pesona langit yang biru serta pulau yang menghijau subur,  karena apa yang terdapat di atas daratan dan di bawah lautnya  akan  memberitahukan  kepada Anda “Selamat datang di Raja Ampat; disinilah surga keanekaragaman biota laut tropis terkaya di dunia  saat ini.

Tips

Bulan Oktober atau November  ialah  saat yang  cocok untuk datang ke Raja Ampat  karena lautnya  tidak begitu berombak dan pas untuk tangkapan kamera Anda.
Bawalah kamera bawah laut atau  pelapis kamera  khusus anti air. Gunakan kemahiran fotografi bawah laut Anda  karena mengambil foto di dasar laut tidaklah gampang dan juga sebuah penyesalan akan ada  jika dilewatkan.

Bawalah sunblock, sunscreen, dan topi,  juga kaos yang nyaman untuk iklim pantai. Bawalah obat nyamuk dan obat anti malaria.

Transportasi

Kalau Anda  terbang dari Jakarta yang  memerlukan waktu 6 jam penerbangan dari Sorong dan berhenti di Manado. Atau, Anda  dapat  ikut tur menyelam di Bali dan  terbang dari  situ. Penerbangan  ke Sorong dilayani  beberapa maskapai nasional  tetapi dari Sorong ke Raja Ampat  hanya dengan Susi Air  kapasitas 14 orang. Penyebrangan Sorong  ke Waisai pulang pergi  akan dilayani Kapal Perintis dan Kapal Wisata  juga Kapal ASDP  beserta rute Sorong-Saonek dan Waisai.

Terbang dari Jakarta/Bali ke Sorong yang disambung  bersama penerbangan di Makassar atau Manado  yang disediakan oleh maskapai

1. Garuda Indonesia
2. Express Air
4. Lion Air
5. Wings Air
6. Silk Air

Cara lain  menuju Raja Ampat  ialah  menggunakan feri yang  berangkat tiap hari dari Sorong ke Waisai, ibu kota  Kabupaten Raja Ampat di Pulau Waigeo. Feri  berangkat dari Sorong pukul 13.00,  waktu tempuh dari Sorong ke Waisai  memerlukan waktu sekira 1,5  sampai 2 jam. Feri kembali ke Sorong dari Waisai pukul 11.00. Di Sorong  juga  terdapat speedboat yang  dapat disewakan  jika Anda  berkeinginan berkeliling.

Sorong  seperti kota yang lain dimana Anda  dapat  memperoleh  nyaris segalanya di sini,  kendatipun  dengan harga yang  lumayan  tidak murah  karena  posisinya yang terpencil. Dari Sorong  biasanya  sekedar para penikmat  wisata bahari yang datang ke Raja Ampat  ikut dalam tur agen  perjalanan  wisata. Anda  tak  butuh mahir menyelam untuk  ikut tur menyelam ini,  karena agen  perjalanan  wisata  menyiapkan tur bagi penyelam dan bukan penyelam.

No comments :

Post a Comment