Wisata Kereta Api Uap Jaladara - Solo

No comments
Dalam bahasa jawa kereta api disebut dengan kata sepur, begitu pula di Solo Kereta Api Uap Jaladara terkenal dengan sebutan Sepur Kluthuk Jaladara. Kereta Kluthuk Jaladara merupakan kereta api wisata yang ada di Kota Solo dan uniknya kereta ini dijalankan dengan lokomotif uap C1218, dan beroperasi dijalur kereta api Purwosari hingga Stasiun Kota Solo kurang lebih sepanjang 6 kilometer. Jalan rel bersisian dengan Jalan Slamet Riyadi yang merupakan jalan di tengah kota Kereta api ini dioperasikan atas kerja sama antara PT KAI dan pemerintah Kota Solo.

Kereta Api Uap Jaladara mampu menampung 72 orang optimal dimana terdiri dari 2 gerbong, kereta ini menggunakan bahan bakar kayu jati, dan selain itu lokomotif ini juga membutuhkan air dalam jumlah banyak untuk menghasilkan uap untuk menggerakkan loko tersebut. Setidaknya lokomotif ini membutuhkan empat meter kubik air dan lima meter kubik kayu untuk jarak tempuh Stasiun Purwosari sampai dengan Sangkrah (Stasiun Kota).

Kereta api ini bisa berhenti di Diamond Convention Center, Solo Grand Mall, Loji Gandrung (Rumah Dinas Walikota Surakarta), House Of Danar Hadi, Museum Radya Pustaka Sriwedari, Perempatan Pasar Pon (Pasar Windujenar-Ngarsopuro), Kampung Batik Seniman Kemlayan, Kampung Batik Kauman, Beteng Trade Center/Gladag Langen Bogan, dan Stasiun Solo Kota. Harga Paket wisata yang ditawarkan adalah Rp. 150.000,- per orang, kereta dijadwalkan untuk dioperasikan pada akhir pekan (sabtu-minggu) dan atau hari libur nasional; pada hari sabtu pukul 16:30 dan minggu pukul 09.30 WIB dari Stasiun Purwosari. Dengan alasan biaya perasional yang sangat tinggi maka dipustuskan oleh pihak pengelola bahwa kereta akan dijalankan hanya jika jumlah minimal calon penumpang adalah 60 orang untuk setiap pemberangkatan.

Rute perjalanan Kereta Api Uap Jaladara memiliki empat tujuan yaitu yaitu kereta melewati beberapa landmark Kota Solo seperti Loji Gandrung (Rumah Dinas Walikota Solo), Ngarsopuro, Keraton Solo dan Gladak. Untuk menaiki kereta ini pengguna bisa langsung membayar di tempat atau harus sewa terlebih dahulu. Harga yang ditetapkan untuk warga solo asli sebesar Rp.30.000,- untuk warga karesidenan Solo sebesar Rp. 100.000,- dan harga untuk warga diluar Karesidenan sebesar Rp. 200.000,-. Sedangkan jika pengguna rombongan wisata sebesar Rp. 3.750.000,- kereta ini juga memiliki beberapa paket yang disiapkan seperti paket batik, paket kuliner, paket pernikahan sampai paket VIP.

No comments :

Post a Comment