Wisata Air di Waduk Cengklik - Boyolali

No comments
Alamat : Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah

Menikmati keindahan waduk cengklik memang sangat nyaman jika kita bisa menikmatinya dengan naik perahu motor dan melaju ke tengah-tengah waduk. Karena ketika kita sampai ditengah kita akan disambut oleh banyak sekali ikan yang siap diberi makan. Ya ikan-ikan itu adalah milik mereka yang membeli karamba disana, kita boleh juga memancing disini namun asal tidak pada batas-batas tertentu.

Akses yang mudah membuat waduk cengklik mudah ditemukan baik masyarakat lokal maupun para pelancong dari luar Daerah. Akses kendaraan pribadi dari Solo yaitu mengambil arah boyolali (ke arah barat dari Kota Solo) – Bandara Adi Sumarmo – Waduk Cengklik. Sedangkan bagi para pelancong yang menggunakan kendaraan umum dapat naik angkutan jurusan bandara dan turun di arah masuk waduk cengklik. Kemudian berjalan kaki jaraknya sangat dekat yaitu kurang lebih 1,5 km di sebelah barat Bandara Adi Sumarmo.


Setibanya di waduk para pelancong bisa menikmati kesejukan suasana yang ada di sekitarnya sembari duduk-duduk di pinggir. Karena sejauh mata memandang akan ada air dan tanaman enceng gondok di sebagian genangan waduk yang juga menambah pesona keindahan alamnya. Setiap musim hujan air yang membendung sangat berlimpah dan hal ini dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk irigasi pertanian mereka, serta mengembangkan benih perikanan. Namun ketika musim kemarau tiba air akan perlahan menyusut.

Para pelancong bisa mengelilingi waduk dengan memanfaatkan perahu motor yang sudah disediakan, hanya dengan membayar Rp. 40.000 untuk sekali jalan dengan kuota 8 orang per perahu motor, pelancong dapat mengelilingi waduk dengan untuk melepas lelah dan capek di tubuh. Apabila ingin take a rest di bawah pohon di pinggir waduk banyak pohon yang rindang tak lupa terdapat kuliner untuk mengisi kekosongan perut dan menikmati kuliner wisata asal waduk cengklik.

No comments :

Post a Comment