7 Tips Melakukan Wisata di Saat Musim Hujan

No comments
Musim hujan  seperti  sekarang  tidak berarti rencana  traveling  rekreasi Anda  mesti  tidak dilanjutkan. Rencana jalan-jalan  tetap  bisa dijalankan  dengan  beberapa  antisipasi  unik untuk menghadapi cuaca yang  cenderung berubah-ubah tanpa  bisa  diperkirakan.

Ada  beberapa masukan yang  bisa Anda  lakukan  saat  berwisata di musim hujan:

Waktu.

Biasanya musim hujan di Indonesia dan negara-negara  yang lain di  kawasan Asia Tenggara ada di  sekitar akhir tahun. Di Indonesia, musim hujan  berpindah di bulan Oktober  hingga April.

Saat musim hujan,  situasi lembab dan panas yang gerah selalu terasa. Hal ini  membuat  traveling  jadi nyaman. Hujan lebat  dalam waktu seharian  jadi hal yang  lazim. Waspadai  akan  probabilitas terjadi  air bah. Kemungkinan ini terjadi  hampir di seluruh Indonesia dan negara-negara lain di Asia Tenggara.

Sepi  tapi menyegarkan.

Walau musim hujan, bukan berarti  hambatan  melaksanakan  rekreasi. Salah satu keuntungannya  adalah tempat-tempat  rekreasi yang  cenderung sepi  saat musim hujan. Restoran favorit yang biasa  hingar bingar,  jadi  ekstra sepi meski di jam sibuk sekalipun.

Musim hujan biasanya terjadi  pas musim sepi  kunjungan. Sehingga harga-harga  akan  ekstra  murah,  khususnya untuk penginapan. Tempat  rekreasi  yang  biasanya penuh sesak  akan  ekstra sepi.

Lagi pula, walaupun musim hujan, hujan  tidak  selalu  turun  tanpa-terusan tanpa henti. Saat hujan  surut, Anda  akan merasa udara  ekstra segar dan pohon-pohon  tampak berkilau menyegarkan,  malahan lampu jalanan terasa  ekstra terang  karena bersih dari debu.

Untungnya lagi,  saat musim hujan, cuaca terasa  segar. Sehingga walaupun berjalan lama, Anda  tidak  mudah merasa kepanasan  dan berpeluh.

Perhatikan waktu. 

Biasanya hujan  tidak  turun seharian. Perhatikan  benarkah di  tempat tujuan  tersebut kecenderungan hujan turun di pagi hari atau  sore hari. Dengan  panduan ini, Anda  bisa menyusun  traveling  rekreasi dengan  mudah.

Tempat  rekreasi.

Memang, ini bukan waktu  optimal untuk  berwisata ke pantai  begitu juga  menelusuri pulau-pulau kecil. Pun,  rekreasi gunung  bisa Anda pertimbangkan kembali.

Sekadar  menginap di vila di gunung  bisa saja. Tetapi pilihan untuk  mendaki  mungkin  bisa Anda tunda sementara waktu.

Masukkan dalam  traveling  rekreasi Anda  lawatan ke museum-museum di  tempat tujuan  rekreasi yang Anda kunjungi. Wisata budaya  serta  jadi pilihan yang  amat  tepat. Datangi tempat-tempat  pertunjukan seni,  contohnya untuk  melihat  pertunjukan tari ataupun wayang.

Kursus budaya untuk  wisatawan  bisa  jadi pilihan,  seperti kelas memasak  hingga kelas yoga. Saatnya  kalem  dengan relaksasi spa  malahan  mesti Anda masukkan dalam agenda. Ada beragam  aktivitas  rekreasi yang  bisa Anda pilih di dalam ruangan. Jeli-jeli saja mencarinya.

Tempat belanja  bisa  jadi pilihan  tempat  berwisata. Lebih baik lagi  kalau berbelanja di pasar. Ajang tawar-menawar  ekstra  tidak ketat di kala hujan lebat datang. Sebab,  wisatawan  malahan sepi, dan  pedagang  ekstra bermurah  kalbu memberikan harga  optimal.

Musim hujan waktu yang  tepat untuk  berwisata makanan,  khususnya  mencoba restoran-restoran favorit yang  biasanya penuh sesak oleh  wisatawan. Di  saat hujan lebat,  walau di jam sibuk  seperti  makan siang, tingkat  kunjungan  cenderung menurun.

Tetapi, bukan berarti di  saat hujan, Anda  sekedar  bisa di dalam ruangan. Jika Anda merasa stamina Anda  tidak lemah, berhujan-hujanan  malahan seru. Sewa sepeda dan berkeliling pedesaan di tengah rinai hujan.

Foto. 

Sayangnya  adalah di musim hujan, langit  cenderung mendung sehingga Anda  akan  cukup sulit  mendapatkan warna biru terang langit. Namun, foto  berupa petir yang menyala terang di tengah kegelapan malam  akan  tampak memesona.

Di saat-saat tertentu,  seusai hujan  turun lama, langit biru  akan  muncul. Ini  momen  optimal Anda untuk berfoto  dengan latar belakang langit biru. Namun,  efek butiran gerimis hujan  serta  memunculkan kesan tersendiri pada foto Anda.

Jaga  situasi. 

Minum vitamin sebelum  berwisata  bisa  jadi pilihan baik untuk menjaga stamina  dalam periode  traveling. Teruskan konsumsi vitamin  saat  rekreasi  begitu juga  setelahnya. Minuman hangat  seperti jahe  bisa  menolong menjaga stamina.

Biasakan mandi dan keramas  dengan air hangat  seusai Anda kembali ke hotel,  khususnya  kalau Anda kehujanan. Hal ini untuk mengembalikan  temperatur panas tubuh Anda.

Berkemas. 

Nah, ini yang  mesti Anda  tekankan,  yakni berkemas untuk  rekreasi di  saat musim hujan. Sebaiknya  angkut payung kecil dan jas hujan plastik yang  ringan. Selain itu,  bawa sepatu karet atau sandal yang tahan air.

Bawa celana pendek dibanding celana panjang. Topi atau jaket bertudung  serta  bisa Anda  bawa. Jaket tebal  bisa menahan diri dari udara  dingin.

Bawa pula persediaan plastik untuk  memisahkan baju  becek  terdampak hujan  dengan baju yang kering. Hal ini  berfaedah  saat Anda mengemas kembali dan memasukkan ke dalam tas untuk  diangkut pulang,  supaya  tidak tercampur.

No comments :

Post a Comment