Nasi Liwet Bu Wongso Lemu - Solo

No comments
Rasa Gurih Nasi Liwet berpadu dengan Sayur Labu siam yang pedas dan pelengkap lainnya, dalam sajian diatas daun pisang dipincuk.

Alamat  : Jl. Teuku Umar (Keprabon), Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia
Telepon : 0271- 7004132

Nasi Liwet merupakan nasi gurih yang dimasak dengan santan dan disajikan dengan sayur labu siam diolah pedas, suwiran daging ayam, dan areh (sejenis bubur gurih dari kelapa) kemudian disajikan diatas daun pisang yang dilipat (dalam istilah jawa dipincuk). Kuliner Khas Solo ini mempunyai rasa khas tradisi dan legendaris.

Di Solo nasi liwet banyak dijajakan pagi dan malam hari di setiap sudut kota Solo. Salah satu warung nasi liwet dapat ditemui di daerah Keprabon, di daerah ini banyak warung-warung nasi liwet yang terkenal dan enak, dari sekian deretan warung konon katanya keturunan dari satu generasi jadi para pedagang nasi liwet ini bersaudara. Salah satunya adalah Nasi Liwet Bu Wongso Lemu yang sudah berdiri sejak tahun 1950.

Nasi Liwet Bu Wongso Lemu memang sekilas tak berbeda dengan nasi liwet lainnya, ada yang menarik hati Jalansolo.com yaitu pedagang yang masih tradisionalis masih mengenakan kebaya Jawa dan memakai make up, selain itu juga kami disambut oleh pengamen ibu-ibu berkebaya serta memakai sanggul dan menyanyikan lagu jawa.
Warung buka jam 16.00 sampai dengan pukul 01.00 malam harga yang diberikan untuk nasi liwet biasa Rp.10.000,- dan Rp. 17.000,- untuk nasi liwet ampela.

Suasana Kejawen dan rasa gurih nasi liwet menjadi lebih sempurna dengan iringan lagu pengamen ibu-ibu. Jalansolo.com menyaksikan betapa sederhana dunia tanpa gemerlap dan sorot kemegahan untuk mendapatkan kebahagiaan. Warung Nasi Liwet Bu Wongso lemu memang tidak selalu ramai oleh pengunjung, namun mampu menggambarkan tradisi dan budaya dari generasi ke generasi.

No comments :

Post a Comment