Pulau Kelor - Pulau kecil dengan sejuta keindahan dan sejarah masa lalunya

No comments
Pulau Kelor dahulu dikenal dengan nama Pulau Kherkof merupakan pulau yang berada pada gugusan Kepulauan Seribu. Secara administratif termasuk dalam wilayah Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu provinsi DKI Jakarta. Pulau Kelor terletak berdekatan dengan gugusan yang sama dengan Pulau Petondan Besar, Pulau Petondan Kecil, Pulau Kelapa, Pulau Onrust dan Pulau Bidadari.

Bagi anda yang sangat gemar dengan olahraga memancing, ternyata Pulau Kelor ini merupakan surga bagi para pemancing yang ingin menaklukan ikan kerapu batu. Anda bisa menemukan banyak ikan kerapu batu di sekitar area ini, sehingga tidaklah heran cukup banyak orang yang datang ke pulau ini untuk memancing dan menangkap ikan.

Fasilitas penunjang wisata di pulau kelor, pulau cipir dan pulau onrust diantara lain adalah adanya dermaga sebagai tempat sandar kapal yang membawa wisatawan kepulau ini, adanya saung/gazebo untuk bersantai, adanya jalan yang terintegrasi sebagai jalur wisata, adanya fasilitas toilet dan tempat ibadah, adanya museum benda - benda sejarah, adanya penjaga pulau dan lain - lain.

Pulau kelor memang sangat kecil namun pulau ini menyimpan banyak sejarah pada masa Belanda. Salah satu peninggalan sejarahnya yaitu Benteng Martelo yang masih berdiri kokoh hingga saat ini. Benteng martelo juga merupakan salah satu pesona Pulau Kelor yang sudah terlihat dari kejauhan kalau kita ingin berkunjung kesana.

Benteng Martelo merupakan benteng yang dibuat melingkar 360 derajat. Benteng ini adalah benteng yang dibangun VOC untuk menghalau serangan musuh pada abad ke-17. Benteng Martelo terbuat dari batu bata merah yang kokoh. Meski pernah porak poranda akibat tsunami karena letusan gunung krakatau pada tahun 1883, namun sisa-sisa benteng ini masih sangat eksotis dan sangat mengagumkan.

No comments :

Post a Comment