Waduk Sermo Kulonprogo, wisata danau yang tak terlupakan

No comments
Waduk Sermo pertama kali di resmikan pada tahun 1996 oleh Bapak Presiden RI ke 2 yaitu Alm.Pak Suharto dan pembuatannya memerlukan waktu sekitar 2 Tahun lebih, Waduk ini dapat menampung air hingga 25.000.000 meter kubik sekaligus menjadikan waduk terbesar di Yogyakarta. Waduk ini mulai di operasikan pada tahun 1997 dengan harapan pemerintah jika para petani di sekitar kala itu dapat memanfaatkannya dengan baik dan meningkatkan hasil produksi mereka baik dari segi kwantitas ataupun kwalitas.

Letak Waduk Sermo boleh dibilang cukup strategis, karena berada diantara dua bukit dan disekelilingnya masih banyak pepohonan dan adanya cagar alam atau hutan wisata yang membuatnya nampak hijau dan sejuk. Di sana terdapat jalan yang melingkari sekeliling waduk sehingga memudahkan pengunjung menikmati Waduk Sermo dari sudut pandang manapun dengan leluasa. Di sepanjang jalan melingkar itu terdapat tempat – tempat persinggahan berupa rumah jamur (berbentuk seperti jamur) dan juga rumah panggung. Terdapat pula warung makan, bengkel dan juga toilet umum. Disamping itu juga menyediakan wisma atau vila apabila kita ingin menikmati keindahan waduk pada malam hari. Bila ingin mengelilingi Waduk Sermo lewat air, disana juga disediakan penyewaan perahu atau sering pula masyarakat menyebutnya “gethek”. Perahu motor juga ada. Bila ingin memancing, kita tidak perlu membayar. Cukup membeli atau membawa sendiri peralatan untuk memancing. Meski pengunjung bebas memancing di Waduk Sermo, namun ada kawasan-kawasan tertentu yang dilarang karena berbahaya.

Saat memasuki kawasan Waduk Sermo anda akan dikenakan biaya tiket masuk oleh petugas TPR. Biaya tiket masuk di waduk sermo adalah sebagai berikut :

Motor Rp.1,000
Mobil Rp. 2,000
Bus Rp. 5,000
Dan tiket masuk kedalam tempat wisata Waduk Sermo hanya Rp. 2,000/orang

Sewa Perahu untuk keliling Waduk Sermo Rp 6.000 ( minimal pemberangkatan 5 org ). Jika kurang dari 5 orang, maka perahu akan menunggu hingga 5 org. Sewa Perahu juga dapat di sewa secara pribadi tanpa harus menunggu penumpang lain, besarannya sekitar Rp 30.000 / perahu.

Waduk sermo adalah panorama yang sangat indah untuk dinikmati untuk melepas stress yang kita dapat di kehidupan sehari-hari. Pemandangan waduk sermo juga dapat dinikmati objek wisata kalibiru yang memberikan pemandangan menakjubkan dari waduk itu sendiri.

Alamat Lengkap WADUK SERMO terletak di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, DIY, Indonesia. Sebagai patokan jalan pusat kota Yogyakarta menuju arah Wates dengan jarak tempuh sekitar 40 Km selama 1,5 Jam, sebaiknya gunakan kendaraan pribadi atau dapat menyewa baik mobil atau motor yang tersedia di beberapa tempat penyewaan dengan syarat yang cukup mudah.

Setelah sampai di Wates anda sudah cukup dekat dengan Waduk Sermo, hanya berjarak 9 Km dan jarak tempuh sekitar 30 Menit untuk sampai ke tempat wisata. Jika anda kesulitan menentukan jalan sebaiknya bertanya pada masyarakat sekitar, tidak perlu sumkan masyarakat disana cukup ramah terhadap wisatawan domestic dari kota lain.

No comments :

Post a Comment